Jaga Keamanan Digital Saat Berinteraksi di Sosmed, Lakukan Langkah Ini

Uncategorized41 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Beragam konten positif bisa diakses untuk menginspirasi siswa dan santri agar berkarya dan belajar lebih baik dan asyik.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Program Studi Ekonomi Syariah STAIM Tulungagung Mei Santi dalam acara daring, Rabu (6/3/2024).

Ia menyebut, konten tersebut di antaranya ada yang berupa narasi atau gambar yang menarik dengan beragam aplikasi digital, seperti berbagai video maker dan aplikasi pembuat konten lainnya.

“Kecakapan digital yang makin mumpuni sekaligus akan menjadi penangkal hoaks dan beragam ancaman konten negatif,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Mutu Pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Netti Lastiningsih mengingatkan pentingnya kecakapan digital bagi pendidik dan peserta didik, agar bisa menjaga etika pergaulan.

”Selain itu, jangan langsung percaya informasi atau konten di internet. Teliti dan cek dulu, diskusikan dengan guru saat mengakses konten,” ujarnya.

“Jangan asal klik link. Karena, salah klik bisa membuat kita dirugikan oleh pembuat konten negatif yang menyerang kita kapan saja dan di mana saja,” imbuhnya.

Saat berinteraksi di ruang digital atau sosial media (Sosmed), menurut dia, penting untuk menjaga keamanan digital akun dan data pribadi. Dengan membuat password yang secara periodik diganti.

“Kalau perlu dengan autentikasi dua faktor: huruf dan angka. Lalu kombinasikan dengan wajah atau sidik jari. Terasa ribet, tapi membuat akun kita aman,” terangnya. (nas)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Ganjar Milenial Jawab Kesusahan Warga Sampang dengan Bawa Bantuan Air Bersih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *