Genjot Energi Terbarukan, Anggota MIND ID Agresif Kembangkan PLTS

Uncategorized35 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Anggota Holding BUMN pertambangan MIND ID, PT Bukit Asam Tbk (PTBA), gencar melakukan diversifikasi bisnis dengan masuk ke bisnis energi baru terbarukan (EBT).

Hal ini sejalan dengan visi PTBA menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan, holding melalui PTBA berkomitmen menghadirkan beberapa fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk mendukung kebutuhan pembangunan infrastruktur.

“Perseroan melalui anggotanya terus melakukan transformasi lewat diversifikasi bisnis untuk menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang terintegrasi dan berkelanjutan. Salah satunya dengan masuk ke bisnis energi baru terbarukan,” kata Heri, dalam keterangannya, Kamis (18/4/2024).

Wujud konkret dukungan Anggota Grup MIND ID PTBA dalam upaya pengurangan emisi karbon global ditandai dengan sinergi bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam pengembangan PLTS berkapasitas 400 Kilowatt-peak (kWp) di jalan tol Jasa Marga Group.

Pembangunan PLTS Jalan Tol Bali Mandara yang telah diresmikan pada 21 September 2022 lalu, berjalan dengan sangat baik sehingga menghasilkan manfaat positif berupa efisiensi energi dan biaya operasional.

PTBA juga telah membangun PLTS di Bandara Soekarno Hatta melalui kerja sama dengan PT Angkasa Pura II (Persero). Pembangkit EBT tersebut terdiri dari 720 solar panel system dengan photovoltaics berkapasitas maksimal 241 kWp dan terpasang di Gedung Airport Operation Control Center (AOCC). PLTS ini telah beroperasi penuh sejak 1 Oktober 2020.

Setelah sukses dalam pengembangan PLTS di Jalan Tol Bali Mandara dan Bandara Soekarno Hatta, Bukit Asam dan Jasa Marga menandatangani perpanjangan MoU pada 24 Februari 2023.

Lewat kerja sama ini, pengembangan PLTS bakal dilakukan di wilayah jalan tol lainnya yang berada di dalam pengelolaan Jasa Marga Group.

Baca Juga  Pj Gubernur Al Muktabar Fokuskan Pengendalian pada Komoditas Penyebab Inflasi

Perpanjangan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) ini merupakan wujud kolaborasi dan sinergi BUMN yang berkelanjutan dalam mendukung upaya pengurangan emisi karbon global, sejalan dengan upaya pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emission pada 2060.

“Kami siap berkontribusi agar target Net Zero Emission pada 2060 atau lebih cepat dapat tercapai. Perusahaan berkomitmen untuk mendukung kebijakan Pemerintah yang mendorong transisi menuju energi bersih,” kata Vice President Pengelolaan Lingkungan & Penunjang Tambang PTBA, Amaruddin.

Selain itu, PT Bukit Asam Tbk dan PT Timah Tbk menjajaki potensi kerja sama pengembangan PLTS di lokasi operasional Timah sebagai bentuk sinergi Anggota Holding MIND ID.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan MoU Sinergi Pengembangan Energi Terbarukan pada 26 Januari 2023. PTBA melalui anak perusahaannya, PT Bukit Energi Investama (BEI) akan membangun PLTS untuk mendukung kegiatan operasional PT Timah.

Listrik dari PLTS akan dimanfaatkan untuk kegiatan operasional produksi (kapal keruk), penerangan, dan perkantoran yang diharapkan akan berkontribusi pada penurunan emisi dan biaya energi yang lebih efisien.

Di samping itu, Anggota Grup MIND ID itu juga menjajaki potensi kerja sama pengembangan PLTS di lokasi operasional Semen Indonesia Group (SIG).

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya pada 18 Oktober 2022. Rencananya proyek ini dipersiapkan untuk pemenuhan kebutuhan energi operasional PT Semen Padang. (srv)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *