Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol Terima Delegasi Muhibah MUI Go International

Uncategorized13 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Duta Besar (Dubes) RI untuk Kerajaan Spanyol, Dr. Muhammad Najib menerima Delegasi Muhibah MUI Go International, yang didampingi beberapa pejabat di KBRI Madrid, Spanyol pada Rabu (1/5/2024).

Dubes yang merupakan mantan aktivis Muhammadiyah ini dengan sangat fasih menguraikan poin-poin penting tentang peran yang harus dimainkan MUI dalam kancah internasional.

“Pengalaman Indonesia dalam mengimplementasikan moderasi beragama merupakan kapital utama yang dimiliki MUI untuk menyebarluaskan Islam yang mendamaikan dan berkontribusi bagi pengembangan peradaban,” ujarnya.

Untuk itu, MUI harus mengedepankan wajah dakwahnya dan bukan wajah politiknya. Hal itu karena wajah politik cenderung bersifat instan, jangka pendek, subyektif, pragmatis dan tidak memikirkan masa depan.

Ia menilai, watak politik dalam beragama cenderung memecah belah dan tidak mungkin mendamaikan. Dalam dialog ini, Najib juga menyinggung bahwa Indonesia memiliki banyak keunggulan dibandingkan negara-negara Muslim lainnya.

“Hubungan negara dan agama yang sudah tuntas diformulasikan sejak proklamasi kemerdekaan Indonesia, hubungan harmonis yang saling melengkapi antara agama dan budaya yang beragam merupakan beberapa contoh keunggulan praktik beragama di Indonesia,” bebernya.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, Indonesia memiliki potensi untuk mempersatukan dunia Islam. Bahkan Indonesia dapat menjadi kiblat dalam implementasi nilai-nilai Islam.

MUI dapat berperan aktif dalam mempromosikan Islam Indonesia, misalnya untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia Islam atau pusat model dunia Islam. MUI perlu tampil untuk menawarkan berbagai keunggulan dan best practice Indonesia ke dunia.

“Pengiriman ulama-ulama Indonesia untuk bercerita tentang Islam di Indonesia harus dilakukan secara berkelanjutan dengan merangkul pemerintah dan BUMN,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Najib berjanji untuk membantu MUI dengan mengkomunikasikan program MUI Go International kepada pemerintah dan BUMN agar dapat berjalan dengan baik dan sukses, khususnya dalam hal pembiayaan dan fasilitasi.

Baca Juga  Politisi Golkar Idrus Marham Sebut Megawati Belum Bertemu Jokowi Hanya Strategi

Sekjen MUI, Dr. Amirsyah Tambunan mengatakan, MUI dalam periode kepengurusannya memang mulai serius untuk menjalin komunikasi dengan berbagai lembaga keulamaan di dunia dengan tujuan untuk meningkatkan reputasi MUI di kancah internasional.

Sementara, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri, Prof. Sudarnoto Abdul Hakim menyinggung bahwa MUI Go International, di antaranya ditujukan untuk memberikan layanan bagi Diaspora Indonesia di luar negeri.

Ketua Bidang Seni-Budaya dan Peradaban Islam, Dr. Jeje Zainuddin menegaskan, memang MUI mulai berkomitmen untuk mengembangkan dakwah melalui kebudayaan dan seni, sehingga nilai-nilai Islam dapat menjadi faktor-faktor penggerak perdamaian dan peradaban. (rmn)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *