BCA Beri Layanan Kesehatan, Donor Darah, Operasi Katarak dan Kacamata Gratis

Uncategorized47 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar berbagai kegiatan bakti sosial kesehatan, yakni pemeriksaan kesehatan, donor darah, dan operasi katarak gratis dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-67 perusahaan. Rangkaian acara ini merupakan bentuk ucapan syukur dan pengabdian BCA yang konsisten berkontribusi nyata bagi masyarakat.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, pihaknya menyadari bahwa kesehatan adalah salah satu hal penting bagi masyarakat. Kesehatan yang baik dapat menopang produktivitas masyarakat.

“BCA ingin momen ulang tahun ke-67 kami tidak hanya diisi dengan apresiasi bagi nasabah melalui promo atau diskon, tetapi juga kontribusi langsung di bidang kesehatan kepada masyarakat. Kegiatan ini kami selenggarakan sebagai wujud nyata komitmen perusahaan mendukung peningkatan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat,” kata dia, dalam keterangannya, di Jakarta, Senin (26/2/2024).

Pemeriksaan kesehatan gratis dari BCA dilakukan bersama Klinik Binaan Bakti BCA yakni Praktek Dokter Duri Utara dan Klinik Bakti Medika. Kegiatan ini dilakukan pada 20-21 Februari 2024 dan diikuti 304 peserta. Dalam baksos ini, BCA memberikan pemeriksaan laboratorium sederhana gratis untuk mendeteksi hipertensi, diabetes, tekanan darah tinggi, dan asam urat. Pasien yang teridentifikasi memiliki kelainan langsung diberikan obat sebagai langkah awal penanganan.

BCA juga memberikan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata baca gratis kepada 100 orang berusia 40 tahun lebih di baksos bersama Praktik Dokter Duri Utara, Jakarta Barat, yang lokasinya berada di kawasan padat penduduk dan dekat pasar. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat sekitar klinik binaan yang mengalami gangguan penglihatan jarak dekat agar lebih mudah beraktivitas sehari-hari.

Sejak 2012, BCA telah memberikan layanan medis kepada lebih dari 154.157 pasien melalui klinik binaan BCA serta memberikan intervensi gizi kepada 1.725 balita melalui program PASTI dan “Ayo Cegah Stunting.”

Baca Juga  Rusia Tangkap 11 Orang Terkait Serangan di Gedung Konser Dekat Moskow

Untuk kegiatan donor darah, dalam penyelenggaraannya BCA bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Agenda rutin perusahaan yang memasuki edisi ke-114 ini dilakukan pada 22-23 Februari, dan diikuti oleh 368 peserta. Sejak 2016 hingga saat ini, BCA telah membantu mengumpulkan 12.470 kantong darah dan 18 plasma konvalesen melalui kegiatan donor darah.

BCA juga akan melaksanakan baksos operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Salim Alkatiri Namrole, Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku, pada awal Maret mendatang. Operasi katarak ini dilakukan untuk menurunkan angka kebutaan akibat penyakit tersebut di Indonesia.

Sejak 2001, BCA bersama Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK PERDAMI) dan Kick Andy Foundation (pada 2017-2019) telah menyelenggarakan kegiatan operasi katarak secara rutin dan diikuti total 8.131 pasien.

Sepanjang 2023, baksos operasi katarak yang digelar BCA diikuti lebih dari 1.000 pasien di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta; Puruk Cahu, Kalimantan Tengah; Batam, Kepulauan Riau; Kota Tual, Maluku Tenggara; Margaasih, Bandung; Pesisir Barat, Lampung; Manokwari, Papua Barat; dan Waingapu, Nusa Tenggara Timur.

Ke depannya, BCA berkomitmen untuk melanjutkan dan memperluas program Bakti Sosial Operasi Katarak hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Tidak hanya menggelar operasi katarak gratis, BCA juga proaktif memberikan dukungan alat-alat operasi untuk PERDAMI demi menurunkan angka penderita penyakit tersebut. Sampai dengan tahun 2023, BCA telah menyumbangkan 30 alat operasi katarak senilai lebih dari Rp3,7 miliar kepada PERDAMI.

“Melalui rangkaian kegiatan Bakti Sosial Kesehatan, BCA berharap bahwa setiap usaha yang kami berikan dapat membawa dampak positif di masyarakat. Ke depannya, BCA akan senantiasa berkomitmen memberikan dukungan dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat,” tutup Jahja. (srv)

Baca Juga  Wujudkan Transisi Energi untuk Masyarakat 3T, KPI Dukung Net Zero Emissions 2060

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *