Bank DKI Raih Penghargaan Anugerah CSR IDX Channel 2023

Uncategorized149 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Bank DKI meraih penghargaan dari IDX Channel sebagai Program CSR Category Economic Development Initiatives. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Pengembangan Infrastruktur dan Manajemen Informasi PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, Dharma Setyadi pada gelaran Anugerah CSR IDX Channel 2023 bertajuk ‘Enhancing CSR Strategy To Drive Impactful Transformation’ yang diselenggarakan di Jakarta pada Selasa (12/12/2023).

Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Utama, Amirul Wicaksono menyampaikan bahwa sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank DKI turut menjalankan peran sebagai fasilitator pertumbuhan dan penyetaraan ekonomi masyarakat di DKI Jakarta.

“Bank DKI memiliki fokus khusus pada inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat lokal dan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan serta peningkatan kualitas hidup,” ujar Amirul.

Ia menjelaskan Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK) merupakan program CSR unggulan Bank DKI yang telah dilaksanakan sejak tahun 2014. Program ini melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengembangkan kebun hidroponik yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Saat ini, JAKONIK telah memiliki 9 kelompok anggota yang tersebar di 9 wilayah rusun di Jakarta.

Para anggota JAKONIK telah dibekali pelatihan dan pendampingan untuk memaksimalkan hasil panen serta pengelolaan bisnis hidroponik dari hulu hingga hilir, dengan cakupan peran sebagai pusat pemasaran hidroponik, pusat pendampingan usaha hidroponik, penyedia layanan edukasi, penyedia sarana dan prasarana seperti pupuk, bibit dan peralatan.

Anugerah CSR IDX Channel 2023 merupakan bentuk apresiasi dari IDX Channel kepada perusahaan yang telah menunjukkan kinerja CSR yang unggul dan konsisten. Beberapa indikator yang dijadikan kriteria penilaian, terdiri atas 3 aspek utama, yaitu aspek kepatuhan (compliance) terhadap ISO 26000 tentang social responsibility, aspek Good Corporate Governance, dan aspek keselarasan program CSR dengan strategi dan daya saing bisnis.

Baca Juga  Ciptakan Pemilu Damai, Polri Gandeng Ustaz Das'ad Latif

Adapun tema bertajuk ‘Enhancing CSR Strategy To Drive Impactful Transformation’ bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menjalankan inisiatif CSR yang berdampak kepada bisnis, masyarakat dan lingkungan di masa perbaikan ekonomi.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan keberhasilan CSR dapat dilihat dari manfaat yang dihasilkan bagi masyarakat.

“Sebagai CSR unggulan Bank DKI, JAKONIK diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi komunitas sekitar dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memberdayakan perekonomian lokal. Keberhasilan Jakonik terbukti mampu membantu mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh,” ucapnya.

Salah satu program CSR dan bentuk nyata dukungan dalam pemberdayaan UMKM di DKI Jakarta, Bank DKI bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah meresmikan Kampung UMKM di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Dalam implementasinya, Bank DKI melakukan penataan ulang dengan pendekatan digitalisasi melalui aplikasi JakOne Abank, dan JakOne Merchant terhadap lokasi sementara (loksem) bagi para pedagang UMKM. Melalui program ini, Bank DKI berharap dapat meningkatkan pemahaman dan inklusi keuangan masyarakat lokal, maupun pengunjung Kepulauan Seribu. (ibs)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *