Angkat Potensi Usaha Lokal, Bea Cukai Lakukan Asistensi pada UMKM

Uncategorized31 Dilihat

INDOPOS.CO.ID – Bea Cukai terus berupaya mendorong sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memperluas pasar internasional melalui pembinaan dan asistensi ekspor di daerah.

Bea Cukai melalui unit vertikalnya yaitu Bea Cukai Tanjungpinang dan Bea Cukai Banten telah melaksanaan asistensi pada UMKM yang memiliki potensi untuk ekspor.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar, mengungkapkan bahwa sektor UMKM merupakan pilar penting perekonomian Indonesia karena terbukti mampu menyerap jumlah tenaga kerja, sehingga mengurangi angka pengangguran. “Peningkatan sektor UMKM sejalan dengan peningkatan perekonomian Indonesia,” imbuhnya.

Encep mengungkapkan bahwa untuk menggali potensi ekspor, Bea Cukai Tanjungpinang lakukan kegiatan bertajuk “Blusukan UMKM” yakni melakukan kunjungan dan asistensi secara langsung terhadap UMKM yang memiliki potensi untuk ekspor. Bea Cukai Tanjungpinang mendatangi langsung pelaku usaha Bernama Seri Lancar yang berlokasi di wilayah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, pada Kamis (21/03/2024). Seri Lancar adalah pelaku usaha yang bergerak di bidang produksi olahan makanan ringan.

Kegiatan asistensi kepada UMKM juga dilaksanakan oleh Kanwil Bea Cukai Banten kepada PT Persatuone Komoditas Indonesia, pada Rabu (27/03/2024), dan PT Followme Indonesia, pada Kamis (28/03/2024).

Kanwil Bea Cukai Banten berkesempatan menemui langsung PT Persatuone Komoditas Indonesia, sebuah perusahaan yang memproduksi bubuk kakao/cokelat yang memiliki merek dagang Cartenz Cocoa. Produk kakao yang dihasilkan telah berhasil dikirim ke Singapore, Brunei Darussalam, India, Pakistan, Iran, Turki, Sri Lanka, Cina, Thailand, United Arab Emirates, Turkmenistan, Afrika Selatan, Nigeria, Tunisia, dan Prancis.

Sedangkan PT Followme Indonesia adalah perusahaan yang memproduksi parfum dan barang-barang kebutuhan sanitasi, seperti hand sanitizer, hand wash, gel sanitizer, dan spray disinfectant. Produk UMKM ini telah berhasil diekspor ke Papua Nugini.

Baca Juga  Airlangga Sebut Tak Ada Pesan Jokowi Soal Sensivitas Bansos Jelang Pemilu

“Asistensi kami lakukan pada UMKM yang belum maupun sudah ekspor untuk mendorong UMKM memperlyas pasar ekspor, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan devisa bagi penguatan perekonomian Indonesia,” pungkas Encep. (ipo)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *