Ustaz Adi Hidayat Sarankan Orang Tua Ajarkan Anak Baca Alfatihah Sampai Hafal

Berita233 Dilihat

Senin, 7 Agustus 2023 – 15:45 WIB

Jakarta – Surat Alfatihah adalah salah satu surat dalam Alquran yang sangat populer. Surat yang dijuluki Ummul Quran (Induk Alquran) ini terdiri dari tujuh ayat, dalam salat fardu surat yang diturunkan di Mekah ini menjadi bacaan wajib di awal rakaat.

Baca Juga :

Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Hukum Baca Al Quran Lewat Ponsel, Emang Boleh?

Alfatihah bukan surat pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, namun dalam Alquran surat ini diletakkan paling awal, yang bermakna sebagai gerbang atas ilmu-ilmu yang terkandung dalam Alquran.

Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat

Photo :

  • Youtube Adi Hidayat Official

Baca Juga :

Terekam Seorang Perempuan Selamatkan Al-Quran dari Aksi Pembakaran, Netizen Apresiasi

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Ubaidah, disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda “Barangsiapa yang membaca surat Alfatihah, maka seolah ia membaca kitab Taurat, Injil, Zabur, dan Al Furqon (sebutan lain Alquran).”

Selain itu, menurut hadis yang diriwayatkan Abu Nu’aim dan Ad-Dailami dari Abu Darda’ bahwa dia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda “Surat Alfatihah itu cukup yang tidak ada satu surat pun di dalam Alquran yang dapat menandinginya. Jikalau Surat Alfatihah diletakkan pada salah satu sisi timbangan dan Alquran pada sisi lainnya, maka pastilah Alfatihah lebih berat tujuh kali lipat dari Alquran.”

Baca Juga :

Sudah Jadi Tradisi, Apa Hukum Ziarah Kubur? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Sebab sederet keutamaan Alfatihah di atas, ulama kenamaan Ustaz Adi Hidayat menganjurkan kepada umat Muslim yang baru memiliki anak keturunan, untuk mengajarkan surat Alfatihah secara langsung kepada anak hingga hafal.

Halaman Selanjutnya

“Saya titip pesan, dan saya sangat serius untuk menyampaikan ini, kalau Allah menganugerahkan titipan anak, baik terlahir dari rahim anda yang perempuan ataupun Allah titipkan lewat sisi yang lain, demi Allah saya katakan kalau mau ngajarin (anak itu) ngaji, tolong Alfatihah-nya Anda sendiri yang ajarkan,” ujar Adi Hidayat dikutip dari TikTok @belajarparenting5 Senin, 7 Agustus 2023.

Baca Juga  Wali Kota Depok Keluarkan SE Peringatan Detik-detik Proklamasi, Warga Diminta Hentikan Aktivitas 3 Menit
img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *