Ketahui Apa itu Psoriasis dan Penyebabnya

Berita271 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta – Pernahkah Anda mendengar penyakit psoriasis? Dikutip dari Mayo Clinic, psoriasis adalah penyakit kulit yang menyebabkan ruam dengan gatal dan bercak bersisik. Bercak ini biasanya muncul di siku, lutut, kulit kepala, dan punggung bawah, tetapi bisa muncul di mana saja di tubuh Anda.  

Pada kulit yang lebih terang, bercak bisa berwarna merah dengan sisik putih. Pada kulit yang lebih gelap, bercak bisa berwarna keunguan atau coklat dengan sisik abu-abu. 

Penyebab Psoriasis

Tidak ada yang tahu penyebab pasti psoriasis, tetapi para ahli percaya itu adalah kombinasi dari berbagai hal. Kondisi ini bisa terjadi karena sistem imun yang terlalu aktif mempercepat pertumbuhan sel kulit. Umumnya, sel kulit normal benar-benar tumbuh dan luruh (rontok) dalam sebulan, dikutip dari psoriasis.org. 

Dikutip dari WebMD, sesuatu memicu sistem kekebalan Anda yang menyebabkan peradangan. Itu memicu sel kulit baru terbentuk terlalu cepat. Biasanya, sel kulit diganti setiap 10-30 hari. Dengan psoriasis, sel-sel baru tumbuh setiap 3-4 hari. Penumpukan sel-sel lama digantikan oleh yang baru menciptakan sisik. 

Beberapa orang yang rentan terhadap psoriasis dipicu oleh berbagai faktor, termasuk:

– Infeksi, seperti radang tenggorokan atau infeksi kulit

– Cuaca, terutama dingin, kondisi kering

– Cedera pada kulit, seperti luka atau goresan, gigitan serangga, atau sengatan matahari yang parah

Iklan

– Merokok dan paparan asap rokok

– Konsumsi alkohol berat

– Obat-obatan tertentu, termasuk lithium, obat tekanan darah tinggi dan obat antimalaria

– Penarikan cepat kortikosteroid oral atau injeksi 

Genetika dapat memainkan peran penting dalam pembentukan psoriasis. Memiliki keluarga dengan psoriasis dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini, dan memiliki dua orang tua dengan psoriasis semakin meningkatkan risiko Anda. 

Baca Juga  Muhadjir Ungkap Solusi Atasi Masalah Kelaparan di Papua Tengah

Merokok juga menjadi faktor pemicu psoriasis. Merokok tembakau tidak hanya meningkatkan risiko psoriasispsorias, namun juga dapat meningkatkan keparahan penyakit. 

Pilihan editor: Kenali Cara Kerja Petroleum Jelly, Bisa Juga Buat Luka



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *