Joe Biden Serukan Pembebasan Segera Presiden Niger

Berita283 Dilihat

Jumat, 4 Agustus 2023 – 17:58 WIB

Washington – Presiden AS, Joe Biden, menyerukan pembebasan segera Presiden Niger Mohamed Bazoum yang digulingkan oleh militer.

Dalam sebuah pernyataan, Gedung Putih menegaskan bahwa mempertahankan nilai-nilai fundamental demokrasi, serta membela tatanan konstitusional, keadilan, dan hak berkumpul secara damai, yang semua ini sangat penting bagi kemitraan AS dan Niger.

“Saya menyerukan agar Presiden Bazoum dan keluarganya segera dibebaskan, serta untuk menjaga demokrasi yang diperoleh dengan susah payah di Niger,” kata Biden dalam pernyataan yang dirilis Gedung Putih pada Kamis 3 Agustus 2023, bertepatan dengan peringatan 63 tahun kemerdekaan Niger dari Prancis.

Baca Juga :

Beri Informasi Rahasia Militer AS ke China, Dua Anggota AL Ditangkap

Tentara Niger di Afrika Barat telah mengumumkan kudeta di TV nasional.

Tentara Niger di Afrika Barat telah mengumumkan kudeta di TV nasional.

Biden menegaskan bahwa AS mendukung rakyat Niger untuk menghormati kemitraan kedua negara yang telah terjalin selama puluhan tahun, yang berakar pada nilai-nilai demokrasi dan dukungan untuk pemerintahan yang dipimpin warga sipil.

Sehari sebelumnya (2/8), AS memerintahkan evakuasi semua pegawai pemerintah nondarurat dari kedutaan besarnya di Niger, di tengah kekhawatiran akan meningkatnya konflik. Negara-negara Eropa, termasuk Prancis, juga telah mengevakuasi warga negaranya dari negara Afrika Barat itu.

Pada 26 Juli 2023, Bazoum ditahan oleh anggota pengawal presiden sebelum kemudian militer mengumumkan telah melakukan kudeta dan merebut kekuasaan di Niger. Pekan lalu, Komandan Pengawal Presiden Niger Jenderal Abdourahamane Tchiani menyatakan dirinya sebagai kepala pemerintahan transisi, dua hari setelah menggulingkan Bazoum.

Para pemimpin Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) telah menjatuhkan sanksi berat terhadap Niger, dan meminta para pemimpin kudeta militer untuk mengembalikan kekuasaan Bazoum dalam waktu satu pekan. (Ant/Antara)

Baca Juga  Halte Busway Tendean Kebakaran, Damkar Terjunkan 30 Personel

Baca Juga :

Momen Lucu Jokowi Minta Tutut yang Dibeli Menteri Basuki di Pasar Parungkuda

Protes pembakaran Al Quran

Uni Eropa Serukan Negara-negara Perangi Kebencian anti-Muslim

Uni Eropa menyerukan negara-negara untuk melakukan berbagai upaya guna memerangi kebencian anti-Muslim dan Islamofobia.

img_title

VIVA.co.id

4 Agustus 2023



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *